Minggu, 29 Maret 2009

Bahaya Sombong

Assalamualaikum wr wb.
Sesungguhnya, salah satu penyakit hati dan perilaku yang sangat berbahaya dan membayakan kita adalah sombong. Sombong yang seperti apa? Yaitu sombong tidak mau menerima keberanan (petungjuk dari Allah SWT) dan sombong terhadap orang lain (meremehkan orang lain).
Sombong yang pertama, tidak mau menerima kebenaran (petunjuk), itu maksudnya bagaimana? Yaitu orang-orang yang tidak mau menerima petunjuk, khususnya petunjuk wahyu (al quran). Ini luas pengertiannya, karena meliputi orang-orang non muslim dan orang muslim juga. Orang-orang Yahudi dan Nashrani yang sudah mengetahui (membaca & mempelajari) Al Quran, namun karena kesombongannya, mereka tidak mau menerima kebenaran Al Quran. Jangankan menerima kebenaran Al Quran, mereka tidak mengakuiinya, dan bahkan justru menentangnya, dan memusuhi orang-orang yang mempercayainya (mukmin & muslim). Itulah kesombongan terbesar umat manusia kepada Tuhan yang pada akhirnya membawa mereka jauh dari petunjuk yang haq, meskipun mereka memiliki kitab suci yang diturunkan sebelumnya. Karena sesungguhnya, orang-orang Yahudi dan Nashrani yang lurus, nicaya mereka akan menjadi muslim apabila mereka menerima petunjuk wahyu terakhir (Al Quran) sesudah kitab mereka (Zabur, Taurat, Injil).
Kesombongan juga hadir di dalam lingkup muslim (orang yang telah memeluk Islam). Banyak saudara-saudara kita yang sudah muslim, namun belum kaffah (menyeluruh) dalam mengamalkan petunjuk dari Allah SWT yang diturunkan melalui Al Quran. Ya Allah, lindungilah kami dari hati dan perilaku yang sombong...amin.
Allah berfirman:"Innallaha laa yuhibbu kulla mukhtalin faakhurrin" (yang artinya: Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar